Nama / NIM : Shafira Qisti Maylina / 4715102518
Jurusan : Ilmu Agama Islam Reguler 2010
Tugas : Pengantar Metodologi Penelitian
KETERANGAN
|
SKRIPSI I
|
SKRIPSI II
|
SKRIPSI III
|
\JUDUL
SKRIPSI
|
Pengaruh
Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa (
Studi kasus di SMK Negeri 10 Jakarta )
|
Pembinaan
Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Kelompok Kerja Guru (
Studi kasus di Gugus X SD Tegal Alur, Kec. Kalideres, Jakarta Barat )
|
Profesionalitas
Bimbingan Dosen Dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan ( survei
pendapat pada mahasiswa jurusan Sejarah, FIS, UNJ )
|
IDENTIFIKASI
MASALAH
|
-
Faktor-faktor
apa sajakah yang menjadi indikator profesionalitas guru di SMK Negeri 10
Jakarta?
-
Faktor-faktor
apa sajakah yang menjadi indikator minat belajar siswa di SMK Negeri 10
Jakarta?
-
Adakah
hubungan antara profesionalitas guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK
Negeri 10 Jakarta?
-
Adakah
pengaruh antara proesionalitas guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK
Negeri 10 Jakarta?
-
Seberapa kuat
pengaruh profesionalitas guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri
10 Jakarta?
|
-
Program-program
apa saja yang dikembangkan oleh kelompok kerja guru di Gugus X SD Tegal Alur
dalam rangka meningkatkan profesionalitas Guru PAI?
-
Bagaimana
kompetensi profesionalitas guru PAI melalui model pembinaan kelompok kerja
guru di Gugus X SD Tegal Alur Kec. Kalideres, Jakarta Barat?
-
Pembinaan
alternatif apa saja yang dikembangkan gugus X SD Tegal Alur dalam rangka
pembinaan profesionalitas guru PAI selain model pembnaan kelompok kerja guru?
|
Apakah
menurut pendapat mahasiswa, bimbingan dosen pembimbing dalam pelaksanaan PPL
di jurusan Sejarah FIS UNJ sudah profesional?
|
TEORI / KONSEP
|
-
Pengertian
dan unsur
profesionalitas,
yaitu :
a.
Karakteristik
profesionalitas
b.
Guru
Profesional
c.
Standar
Kompetensi Guru
-
Konsep
pengajaran
-
Konsep minat
belajar :
a.
Pengertian
minat
b.
Indikator
minat
-
Pengertian
Belajar
|
-
Konsep
Profesionalitas
-
( Uzer Usman : 2007 )
-
Prinsip
profesionalitas
-
( UU RI No. 14/2005 )
-
Sistem pembinaan
-
Profesionalisme
guru dalam prespektif Islam
|
-
Pengertian
kompetensi
-
Kompetensi
guru
-
Aspek-aspek
kompetensi guru
-
Pengembangan
kompetensi guru
|
METODE /
METODOLOGI PENELITIAN
|
-
Metode uji
korelasional melalui pendekatan positivistic kuantitatif
-
Metode deskriptif
korelasional
|
-
Metode
Kuantitatif dengan menggunakan format penelitian deskriptif
-
pendekatan
studi kasus
|
-
penelitian
ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei melalui pengajuan
angket.
|
HASIL
PENELITIAN / KESIMPULAN
|
-
Profesionalitas
guru PAI mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa SMKN 10
Jakarta
-
Profesionalitas
seorang guru didapat jika :
a.
Menguasai
metodologi pengajaran dengan baik
b.
Dapat
mengelola kelas dengan baik
c.
Memiliki
variasi media belajar yang menarik
d.
Melakukan
evaluasi belajar
|
-
Program
pembinaan profesional guru dalam pembinaan kelompok kerja guru meliputi :
a.
Penguasaan
kurikulum
b.
Penguasaan
materi
c.
Penguasaan
metode dan teknik evaluasi
d.
Komitmen guru
terhadap tugas
e.
Kedisiplinan
guru
|
-
Secara umum,
menurut pendapat para mahasiswa dosen telah melakukan tugasnya dengan cukup
profesional.
-
Namun, pada
aspek pengawasan, monitoring & evaluasi masih dirasakan kurang oleh
mahasiswa karena kurangnya monitoring yang dilakukan Dosen Pendamping selama
PPL berlangsung.
|
KELEMAHAN
|
-
Penelitian
ini hanya mengambil sampel pada kelas X AK 1 dan XII AP 2
-
Penelitian
ini tidak pada kebenaran yang mutlak
-
Tidak menutup
kemungkinan untuk diadakan penelitian lanjutan
|
-
Pegambilan
sampel tidak melibatkan banyak guru PAI
-
Pengambilan
sampel hanya sebagian kecil dari guru PAI ( suara minoritas )
|
-
Tidak
maksimalnya jawaban, alasan, dan keterangan yang diberikan oleh responden
sehingga tidak maksimalnya pemaparan yang dilakukan oleh peneliti.
|
asyik deeehh punya aku di pos. hihihi
BalasHapus