my blog's

Minggu, 13 Mei 2012

resume skripsi 2


Nama                                      : Shafira Qisti Maylina
No. Registrasi                : 4715102518
Tugas                            : Pengantar Metodologi Penelitian

KETERANGAN
SKRIPSI I
SKRIPSI II
SKRIPSI III
JUDUL SKRIPSI
Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SDN Jatirasa III Bekasi)
Implementasi Paradigma Pendidikan Islam Transformatif Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 50 Jakarta
Implementasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN Se-Jakarta Timur
MASALAH
-          Apakah langkah-langkah, metode, dan teknik yang digunakan dalam penerapan CTL pada PAI?
-          Apakah faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan CTL pada PAI ?
-          Bagaimanakah model pendidikan transformatif dalam proses pembelajaran PAI ?
-          Bagaimanakah implementasipendidikan islam transformatif dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 ?
-          Bagaimana implementasi strategi metode pembelajaran guru PAI di SMAN se-Jakarta Timur?
-          Strategi pembelajaran agama islam apa yang digunakan di sekolah?
TEORI/ KONSEP
-          CTL dalam pebelajaran KBK :
a.       Paradigma pembelajaran menurut KBK
b.      Pengertian pendekatan CTL
c.       Teori yang melandasi pendekatan CTL
d.      Prinsip dan tujuan pendekatan CTL
e.       Strategi pendekatan konteksual
f.       Komponen pendekatan kontekstual
g.      Karakteristik pendekatan kontekstual ( Guru dan Siswa )
h.      Keistimewaan pendekatan CTL
i.        Pembelajaran PAI melalui pendekatan CTL
-          PAI Sebagai Pendidikan Sikap :
a.       Pengertian PAI
b.      Ruang Lingkup PAI
c.       Dasar-dasar pelaksanaan PAI
d.      Fungsi dan Tujuan PAI
e.       Standar kompetensi PAI
f.       Pendekatan pembelajaran dan penilaian PAI
-          Pendidikan Transformatif
-          Aspek-aspek Pendidikan Transformatif :
a.       Revolusi teknologi
b.      Perubahan pribadi
c.       Perubahan dalam organisasi
-          Keterkaitan Aspek-aspek pendidikan Transformatif dengan proses pembelajaran :
a.       Guru
b.      Siswa
c.       Kurikulum
-          Paradigma Pendidikan Transformatif Perspektif Islam
-          Model Paradigma Pendidikan Islam dan Paradigma Konvensional :
a.       Paradigma islam Transformatif
b.      Paradigma Tradisionalis
c.       Paradigma Fundamentalis
d.      Paradigma Modernis
e.       Paradigma Formisme ( dikotomi )
f.       Paradigma Mekanisme
-          Hakikat Strategi Pembelajaran :
a.       Pengertian strategi
b.      Pengertian pembelajaran
c.       Pengertian strategi pembelajaran
d.      Komponen-komponen strategi pebelajaran
-          Hakikat Guru :
a.       Pengertian guru
b.      Tugas guru
-          Hakikat Pendidikan Agama Islam :
a.       Pengertian Pendidikan Agama Islam
b.      Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam
c.       Tujuan pendidikan agama islam
d.      Karakteristik pendidikan agama islam
-          Hakikat strategi pembelajaran guru PAI
-          Implementasi strategi pembelajaran guru PAI
METODE / METODOLOGI
-          Penelitian kualitatif
-          Observasi dan wawancara
-          Penelitian deskriptif kualitatif
-          Metode dekriptif kualitatif
-          Menyebar angket
-          Menggunakan teknik pruposial sampling ( perwakilan )
TEMUAN
-          Berdasarkan penelitian pendekatan CTL menurut prespektif siswa lebih menarik dan menyenangkan dan tidak menjenuhkan dan menghasilkan kontribusi positif terhadap pembelajaran PAI
-          Hambatan yang didapat yaitu apabila guru kehabisan ide dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai digunakan dalam proses belajar.
-          Faktor pendukung yaitu jika ada kerjasama antara guru dan siswa serta kerjasama dari pihak sekolah dan masyarakat.
-          Pendidikan Transformatif menurut 3 aspek :
a.       Revolusi Teknologi
b.      Perubahan Pribadi
c.       Perubahan Organisasi
-          Pendidikan transformatif menginginkan 3 terciptanya 3 norma :
a.       Pengetahuan dibutuhkan untuk mempertahankan dan memperkuat individual pada masyarakat.
b.      Pengetahuan dibutuhkan untuk mempertahankan masyarakat itu sendiri.
c.       Kemauan keras dari intelektualitas dari individu
-          Pendidikan islam transformatif mengarah perubahan yang memanfaatkan potensi diri sendiri untuk mendapatkan apa yang telah diberikan oleh Tuhan YME.
-          Guru PAI dalam urutan kegiatan pembelajaran terdapat kegiatan awal atau pendahuluan yang terdiri dari penjelasan singkat isi pembelajaran, relevensi isi pembelajaran dan penjelasan tujuan pembelajaran, serta dilakukan pembacaan Al-Qur’an secara bersama-sama. Pada kegiatan inti harus ada penguraian materi pembelajaran.
-          Menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, siswa, dan adanya pengkombinasian metode i dengan metode lainnya dan tidak hanya menggunkan 1 metode saja.
-          Menggunkan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan metode pembelajaran, metode dan tujuan pembelajaran.
-          Menggunakan waktu yang efisien sehingga cukup waktu untuk siswa dan juga untuk pengajar.
KELEMAHAN
-          Tidak mengkaji karakteristik kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan CTL
-          Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang kontribusi pendekatan CTL
-          Daftar isi tidak lengkap
-          Belum ada hasil yang memuaskan dari hasil penelitian
-          Tidak adanya penggunaan sampel
-          Penelitian ini dilakukan dengan jumlah populasi dan smpel yang kecil.
-          Hasil peneliian yang dilakukan belum menjamin kesamaan pada tahun yang berbeda sehingga data tidak dapat dijadikan pedoman mutlak.
-          Kesibukan guru sebagai responden menyebabkan kurang lancarnya penjaringan data.
-          Keterbatasan waktu dan tenaga dalam menyelesaikan penelitian ini, sehingga penelitian ini kurang relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar