Nama : Shafira Qisti Maylina
No. Registrasi : 4715102518
Tugas : Pengantar
Metodologi Penelitian
KETERANGAN
|
SKRIPSI I
|
SKRIPSI II
|
SKRIPSI III
|
JUDUL SKRIPSI
|
Implementasi
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SDN Jatirasa III Bekasi)
|
Implementasi
Paradigma Pendidikan Islam Transformatif Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Di SMP Negeri 50 Jakarta
|
Implementasi
Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN Se-Jakarta Timur
|
MASALAH
|
-
Apakah
langkah-langkah, metode, dan teknik yang digunakan dalam penerapan CTL pada
PAI?
-
Apakah faktor
penghambat dan pendukung dalam penerapan CTL pada PAI ?
|
-
Bagaimanakah
model pendidikan transformatif dalam proses pembelajaran PAI ?
-
Bagaimanakah
implementasipendidikan islam transformatif dalam proses pembelajaran PAI di
SMP Negeri 50 ?
|
-
Bagaimana
implementasi strategi metode pembelajaran guru PAI di SMAN se-Jakarta Timur?
-
Strategi
pembelajaran agama islam apa yang digunakan di sekolah?
|
TEORI/ KONSEP
|
-
CTL dalam
pebelajaran KBK :
a.
Paradigma
pembelajaran menurut KBK
b.
Pengertian
pendekatan CTL
c.
Teori yang
melandasi pendekatan CTL
d.
Prinsip dan
tujuan pendekatan CTL
e.
Strategi
pendekatan konteksual
f.
Komponen
pendekatan kontekstual
g.
Karakteristik
pendekatan kontekstual ( Guru dan Siswa )
h.
Keistimewaan
pendekatan CTL
i.
Pembelajaran
PAI melalui pendekatan CTL
-
PAI Sebagai
Pendidikan Sikap :
a.
Pengertian
PAI
b.
Ruang Lingkup
PAI
c.
Dasar-dasar
pelaksanaan PAI
d.
Fungsi dan
Tujuan PAI
e.
Standar
kompetensi PAI
f.
Pendekatan
pembelajaran dan penilaian PAI
|
-
Pendidikan
Transformatif
-
Aspek-aspek
Pendidikan Transformatif :
a.
Revolusi
teknologi
b.
Perubahan
pribadi
c.
Perubahan
dalam organisasi
-
Keterkaitan
Aspek-aspek pendidikan Transformatif dengan proses pembelajaran :
a.
Guru
b.
Siswa
c.
Kurikulum
-
Paradigma
Pendidikan Transformatif Perspektif Islam
-
Model
Paradigma Pendidikan Islam dan Paradigma Konvensional :
a.
Paradigma
islam Transformatif
b.
Paradigma
Tradisionalis
c.
Paradigma
Fundamentalis
d.
Paradigma Modernis
e.
Paradigma
Formisme ( dikotomi )
f.
Paradigma
Mekanisme
|
-
Hakikat
Strategi Pembelajaran :
a.
Pengertian
strategi
b.
Pengertian
pembelajaran
c.
Pengertian
strategi pembelajaran
d.
Komponen-komponen
strategi pebelajaran
-
Hakikat Guru
:
a.
Pengertian
guru
b.
Tugas guru
-
Hakikat Pendidikan
Agama Islam :
a.
Pengertian
Pendidikan Agama Islam
b.
Dasar-dasar
Pendidikan Agama Islam
c.
Tujuan
pendidikan agama islam
d.
Karakteristik
pendidikan agama islam
-
Hakikat
strategi pembelajaran guru PAI
-
Implementasi
strategi pembelajaran guru PAI
|
METODE / METODOLOGI
|
-
Penelitian
kualitatif
-
Observasi dan
wawancara
|
-
Penelitian
deskriptif kualitatif
|
-
Metode
dekriptif kualitatif
-
Menyebar
angket
-
Menggunakan
teknik pruposial sampling ( perwakilan )
|
TEMUAN
|
-
Berdasarkan
penelitian pendekatan CTL menurut prespektif siswa lebih menarik dan
menyenangkan dan tidak menjenuhkan dan menghasilkan kontribusi positif
terhadap pembelajaran PAI
-
Hambatan yang
didapat yaitu apabila guru kehabisan ide dalam menerapkan metode pembelajaran
yang sesuai digunakan dalam proses belajar.
-
Faktor
pendukung yaitu jika ada kerjasama antara guru dan siswa serta kerjasama dari
pihak sekolah dan masyarakat.
|
-
Pendidikan
Transformatif menurut 3 aspek :
a.
Revolusi
Teknologi
b.
Perubahan
Pribadi
c.
Perubahan
Organisasi
-
Pendidikan
transformatif menginginkan 3 terciptanya 3 norma :
a.
Pengetahuan
dibutuhkan untuk mempertahankan dan memperkuat individual pada masyarakat.
b.
Pengetahuan
dibutuhkan untuk mempertahankan masyarakat itu sendiri.
c.
Kemauan keras
dari intelektualitas dari individu
-
Pendidikan
islam transformatif mengarah perubahan yang memanfaatkan potensi diri sendiri
untuk mendapatkan apa yang telah diberikan oleh Tuhan YME.
|
-
Guru PAI
dalam urutan kegiatan pembelajaran terdapat kegiatan awal atau pendahuluan
yang terdiri dari penjelasan singkat isi pembelajaran, relevensi isi
pembelajaran dan penjelasan tujuan pembelajaran, serta dilakukan pembacaan
Al-Qur’an secara bersama-sama. Pada kegiatan inti harus ada penguraian materi
pembelajaran.
-
Menggunakan metode
pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, siswa, dan adanya
pengkombinasian metode i dengan metode lainnya dan tidak hanya menggunkan 1
metode saja.
-
Menggunkan
media pembelajaran yang tepat sesuai dengan metode pembelajaran, metode dan
tujuan pembelajaran.
-
Menggunakan
waktu yang efisien sehingga cukup waktu untuk siswa dan juga untuk pengajar.
|
KELEMAHAN
|
-
Tidak
mengkaji karakteristik kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan CTL
-
Perlu
dilakukan penelitian lanjutan tentang kontribusi pendekatan CTL
-
Daftar isi
tidak lengkap
-
Belum ada
hasil yang memuaskan dari hasil penelitian
|
-
Tidak adanya
penggunaan sampel
|
-
Penelitian
ini dilakukan dengan jumlah populasi dan smpel yang kecil.
-
Hasil
peneliian yang dilakukan belum menjamin kesamaan pada tahun yang berbeda
sehingga data tidak dapat dijadikan pedoman mutlak.
-
Kesibukan
guru sebagai responden menyebabkan kurang lancarnya penjaringan data.
-
Keterbatasan
waktu dan tenaga dalam menyelesaikan penelitian ini, sehingga penelitian ini
kurang relevan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar