my blog's

Minggu, 13 Mei 2012

resume skripsi (nilai 85)


Nama / NIM   : Shafira Qisti Maylina / 4715102518
Jurusan          : Ilmu Agama Islam Reguler 2010
Tugas              : Pengantar Metodologi Penelitian

KETERANGAN
SKRIPSI I
SKRIPSI II
SKRIPSI III
\JUDUL SKRIPSI
Pengaruh Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa ( Studi kasus di SMK Negeri 10 Jakarta )
Pembinaan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Kelompok Kerja Guru ( Studi kasus di Gugus X SD Tegal Alur, Kec. Kalideres, Jakarta Barat )
Profesionalitas Bimbingan Dosen Dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan ( survei pendapat pada mahasiswa jurusan Sejarah, FIS, UNJ )
IDENTIFIKASI MASALAH
-          Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi indikator profesionalitas guru di SMK Negeri 10 Jakarta?
-          Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi indikator minat belajar siswa di SMK Negeri 10 Jakarta?
-          Adakah hubungan antara profesionalitas guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 10 Jakarta?
-          Adakah pengaruh antara proesionalitas guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 10 Jakarta?
-          Seberapa kuat pengaruh profesionalitas guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 10 Jakarta?
-          Program-program apa saja yang dikembangkan oleh kelompok kerja guru di Gugus X SD Tegal Alur dalam rangka meningkatkan profesionalitas Guru PAI?
-          Bagaimana kompetensi profesionalitas guru PAI melalui model pembinaan kelompok kerja guru di Gugus X SD Tegal Alur Kec. Kalideres, Jakarta Barat?
-          Pembinaan alternatif apa saja yang dikembangkan gugus X SD Tegal Alur dalam rangka pembinaan profesionalitas guru PAI selain model pembnaan kelompok kerja guru?

Apakah menurut pendapat mahasiswa, bimbingan dosen pembimbing dalam pelaksanaan PPL di jurusan Sejarah FIS UNJ sudah profesional?
TEORI / KONSEP
-          Pengertian dan unsur
profesionalitas, yaitu :
a.       Karakteristik profesionalitas
b.      Guru Profesional
c.       Standar Kompetensi Guru
-          Konsep pengajaran
-          Konsep minat belajar :
a.       Pengertian minat
b.      Indikator minat
-          Pengertian Belajar

-          Konsep Profesionalitas
-           ( Uzer Usman : 2007 )
-          Prinsip profesionalitas
-           ( UU RI No. 14/2005 )
-          Sistem pembinaan
-          Profesionalisme guru dalam prespektif Islam
-          Pengertian kompetensi
-          Kompetensi guru
-          Aspek-aspek kompetensi guru
-          Pengembangan kompetensi guru
METODE / METODOLOGI PENELITIAN
-          Metode uji korelasional melalui pendekatan positivistic kuantitatif
-          Metode deskriptif korelasional
-          Metode Kuantitatif dengan menggunakan format penelitian deskriptif
-          pendekatan studi kasus
-          penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei melalui pengajuan angket.
HASIL PENELITIAN / KESIMPULAN
-          Profesionalitas guru PAI mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa SMKN 10 Jakarta
-          Profesionalitas seorang guru didapat jika :
a.       Menguasai metodologi pengajaran dengan baik
b.      Dapat mengelola kelas dengan baik
c.       Memiliki variasi media belajar yang menarik
d.      Melakukan evaluasi belajar

-          Program pembinaan profesional guru dalam pembinaan kelompok kerja guru meliputi :
a.       Penguasaan kurikulum
b.      Penguasaan materi
c.       Penguasaan metode dan teknik evaluasi
d.      Komitmen guru terhadap tugas
e.       Kedisiplinan guru
-          Secara umum, menurut pendapat para mahasiswa dosen telah melakukan tugasnya dengan cukup profesional.
-          Namun, pada aspek pengawasan, monitoring & evaluasi masih dirasakan kurang oleh mahasiswa karena kurangnya monitoring yang dilakukan Dosen Pendamping selama PPL berlangsung.
KELEMAHAN
-          Penelitian ini hanya mengambil sampel pada kelas X AK 1 dan XII AP 2
-          Penelitian ini tidak pada kebenaran yang mutlak
-          Tidak menutup kemungkinan untuk diadakan penelitian lanjutan
-          Pegambilan sampel tidak melibatkan banyak guru PAI
-          Pengambilan sampel hanya sebagian kecil dari guru PAI ( suara minoritas )
-          Tidak maksimalnya jawaban, alasan, dan keterangan yang diberikan oleh responden sehingga tidak maksimalnya pemaparan yang dilakukan oleh peneliti.

1 komentar: