MAKALAH FILSAFAT ILMU
“Pendekatan
dalam Flsafat Ilmu”
Di
susun Oleh
Wisnu Wahyudin
4715101543
Ilmu
Pendidikan Islam
2010
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FAKULTAS ILMU SOSIAL
ILMU AGAMA ISLAM
2012
PEMBAHASAN
A.
Pengertian pendekatan dalam filsafat
ilmu
Pendekatan dalam disiplin ilmu yang disebut filsafat ilmu akan lebih mudah
di pahami arti pengertian bila diajukan pandangan Dewey tentang pokok masalah, yaitu tentang permasalahan
filsafat pendidikan yang berarti hubungan antara filsafat dan ilmu.
B. Berbagai metode pendekatan filsafat
1.
Pendekatan Deduktif
Pendekatan deduktif kerap dikontraskan dengan pendekatan induktif. Pendekatan
Deduktif merupakan prosedur yang berpangkal pada suatu peristiwa umum, yang
kebenarannya telah diketahui atau diyakini, dan berakhir pada suatu kesimpulan
atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus. Dari segi bahasa, deduktif
atau deduksi berasal dari Bahasa Inggris, yaitudeduction yang artinya penarikan
kesimpulan-kesimpulan dari keadaan-keadaan umum atau menemukan yang khusus dari
yang umum. Pendekatan deduktif juga diartikan sebagai cara berpikir dimana
pernyataan yang bersifat umum ditarik suatu kesimpulan yang bersifat khusus.
Penarikan kesimpulan dalam pendekatan deduktif biasanya menggunakan pola pikir
silogisme yang secara sederhana digambarkan dalam penyusunan dua buah
pernyataan (premis mayor dan premis minor) dan sebuah kesimpulan.
2.
Pendekatan Induktif
Pendekatan Induktif merupakan pendekatan yang digunakan dalam berpikir
dengan bertolak dari hal-hal khusus ke hal umum. Hukum yang disimpulkan pada
fenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti.
Berpikir induktif adalah bentuk dari apa yang disebut generalisasi. Induksi
(induction) adalah cara mempelajarai sesuatu yang bertolak dari hal-hal khusus
untuk menentukan hukum atau hal yang bersifat umum. Metode berpikir induktif
merupakan cara berpikir yang dilakukan dengan cara menarik suatu kesimpulan
yang bersifat umum dari berbagai kasus yang bersifat individual. Oleh karena
itu, penalaran induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang
mempunyai ruang khusus dan terbatas dalam menyusun argumentasi yang diakhiri
dengan pernyataan yang bersifat umum.
3.
Pendekatan Rasionalisme
Rasionalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan rasio. Paham ini
beranggapan bahwa prinsip-prinsip dasar keilmuan bersumber dari rasio manusia,
sehingga pengalaman empiris bergantung pada prinsip-prinsip rasio. Karena rasio
itu ada pada subjek (manusia), maka asal pengetahuan harus dicari pada subjek. Rasio
itu berpikir. Berpikir inilah ynag membentuk pengetahuan. Karena hanya manusia
yang berpikir, maka hanya manusia yang mempunyai pengetahuan. Dengan
pengetahuan inilah manusia berbuat dan menentukan tindakannya. Berbeda
pengetahuan, berbeda pula laku perbuatan dan tindakannya. Rasionalisme juga
bisa diartikan sebagai doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran
haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan
fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.
4.
Pendekatan Empirisme
Empirisme merupakan suatu paham yang mengutamakan pengalaman. Secara
harfiah, istilah empirisme berasal dari Bahasa Yunani, yaitu kata emperia yang
berarti pengalaman. Pendekatan empiris melihat bahwa pengalaman, baik
pengalaman lahiriyah maupun pengalaman batiniyah merupakan sumber utama
pengenalan. Empirisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang menyatakan bahwa
semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. Empirisme menolak anggapan
bahwa manusia telah membawa fitrah pengetahuan dalam dirinya ketika dilahirkan.
KESIMPULAN
Pendekatan dalam disiplin
ilmu yang disebut filsafat pendidikan akan lebih mudah di pahami arti
pengertian bila diajukan pandangan Dewey tentang pokok masalah, yaitu tentang permasalahan
filsafat pendidikan yang berarti hubungan antara filsafat dan pendidikan.
Pendekatan dalam filsafat ilmu menurut para ahliterbagi kedalam 4 metode
pendekatan yaitu deduktif, induktif, rasionalisme, dan empirisme.
Daftar
Pustaka
Amin
Mudzakir. 2012. Karl Popper dan Masa Depan Masyarakat
Terbuka.http://www.politik.lipi.go.id.
Anonim.
2010. Paradigma Ilmu Thomas Kuhn dan Karl Popper. http://
mhs.blog.ui.ac.id/andri.septian.
_________.
2009. Thomas Kuhn. http://jaringskripsi.wordpress.com.
_________.
2010. Revolusi Keilmuan menurut Thomas Samuel Kuhn.http://munzaro.blogspot.com.
_________.
Rasionalisme. http://id.wikipedia.org/wiki/
_________.
Empirisme. http://id.wikipedia.org/wiki/
_________.
2011. Asumsi-Asumsi Dasar Proses Keilmuan Manusia.http://tutorq.blogspot.com.
_________.
2010. Asumsi-Asumsi Dasar Proses Keilmuan. http://uzanck-area.blogspot.com.
_________.
Pembuktian melalui Deduksi. http://id.wikipedia.org.
_________. Berfikir Logika Induktif Deduktif
dan Silogisme pada Filsafat Ilmu. http://www.docstoc.com.
terimahaksih, tulisannya berguna, kunjungi juga blog kami www.ilmusepintas.ga
BalasHapusMohon berikan contoh lebih menditail pendekatan deduktif, rasionalisme, empirisme
BalasHapusMohon berikan pengertian atau definisi tentang pendekatan filsafat ilmu itu sendiri
BalasHapus